Perplexity AI mulai beroperasi pada Agustus 2022, sebelum ChatGPT muncul. Chatbot ini awalnya menggunakan model GPT-3.5, yang memang lebih efisien dan terhubung ke internet secara gratis. Ini memberikan akses ke data terbaru hingga akhir tahun 2022.

Perplexity AI terus berkembang dan kini menggunakan model yang lebih canggih, termasuk GPT-4. Hal ini memungkinkan akses ke informasi terkini dan kemampuan yang lebih baik dalam memahami dan merespon pertanyaan. Perplexity AI adalah chatbot cerdas berbasis internet. Teknologi yang digunakan adalah NLP (Natural Language Processing). Ini memungkinkan AI memberikan jawaban yang tepat dan diperkaya dengan sumber terpercaya.

Perkembangan model GPT yang digunakan oleh Perplexity AI menjadikannya solusi modern di bidang machine learning dan artificial intelligence. Khususnya, AI ini sangat berguna bagi pengguna di Indonesia yang butuh inovasi dalam pencarian informasi.

Beberapa poin yang diperbaiki:

  • Model GPT: Perplexity AI tidak hanya menggunakan model GPT-3.5, tetapi terus diperbarui dengan model yang lebih canggih, termasuk GPT-4.
  • Akses Data: Sekarang Perplexity AI memiliki akses ke informasi terkini, tidak hanya terbatas hingga akhir 2022.
  • Keunggulan: Perubahan model GPT memungkinkan Perplexity AI memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memahami dan merespon pertanyaan.

Apa Itu Perplexity AI?

Apa itu Perplexity

Perplexity AI itu layaknya chatbot canggih. Ia pakai kecerdasan buatan untuk menjawab pertanyaan via internet. Use technology from GPT-3,5, menjawab dengan informasi terbaru dari internet.

Definisi Perplexity AI

Perplexity AI memakai AI untuk jawaban relevan. Memakai algoritma Natural Language Processing (NLP). Diluncurkan sebelum ChatGPT, pada August 2022. Dari model GPT-3,5, memberikan jawaban cepat.

Keunggulan Perplexity AI

Perplexity punya kelebihan utama. Dapat langsung jawab dari internet. Dan data yang usenya diperbarui sampai 2022. Sumber informasi selalu kredibel, thanks to fitur kurasi. Ada juga fitur penyunting pertanyaan dan threads to go deeper.

Sejarah dan Kreator Perplexity AI

Founder Perplexity AI
Aravind Srinivas, Denis Yarats, dan Johnny Ho adalah co-founders (pendiri bersama) dari sebuah startup (perusahaan rintisan) bernama Perplexity yang berlokasi di San Francisco, Amerika Serikat.

Perplexity AI mulai dirilis Agustus 2022. Dibuat oleh Aravind Srinivas, Denis Yarats, dan Johnny Ho. Mereka ahli teknologi dari Google, New York University, dan UC Berkeley. Aravind Srinivas sudah bekerja di ChatGPT sebelum bergabung. ChatGPT adalah proyek lain sebelum Perplexity AI.

Kreator Utama

Tim di belakang Perplexity AI termasuk Aravind Srinivas, Denis Yarats, Johnny Ho, dan Andy Konwinski. Mereka berpengalaman dalam artificial intelligence dan machine learning di OpenAI.

Perjalanan Perkembangan

Perplexity AI berkembang dengan bantuan pakar AI. Mereka memberikan cara baru yang andal dalam mencari informasi di internet. Platform ini memakai teknologi GPT untuk menggunakan machine learning dalam mencari data.

Setelah diluncurkan, Perplexity AI cepat dikenal di kalangan content creator dan marketer. Mereka menghargai kecerdasan buatan yang dibawa oleh Perplexity AI. Perplexity AI menawarkan fitur-fitur seperti penyuntingan pertanyaan dan riset. Juga menyediakan threads dan kurasi sumber. Karena fitur-fiturnya, Perplexity AI populer di banyak kalangan.

Bagaimana Cara Kerja Perplexity AI?

Perplexity AI chat menggabungkan teknologi canggih. Ini dilakukan untuk memberikan jawaban yang tepat. Penting dalam proses ini adalah indexing yang komprehensif.

Metode Indexing

Indexing dimulai saat pengguna memberi instruksi pencarian. Mesin mencari informasi terbaru di internet. Ini memastikan jawaban tiap pertanyaan akurat dan up-to-date.

Algoritma LLM

Setelah data ditemukan, Perplexity AI memprosesnya. Menggunakan algoritma Large Language Model (LLM) seperti GPT-3,5. Hal ini memungkinkan AI untuk menjawab dengan efisien dan cepat.

Perplexity AI juga menggunakan Natural Language Processing (NLP). Ini untuk jawaban yang lebih akurat, dan valid.

AI melakukan kurasi sumber untuk jawaban yang kredibel. Ini menampilkan sumber informasi dari internet. Pengguna juga bisa mengedit pertanyaan mereka untuk jawaban yang lebih memuaskan.

Apa Saja Fitur-Fitur Perplexity AI?

Mesin Pencari Perplexity AI

Perplexity AI menawarkan fitur canggih untuk pencarian dan penelitian AI. Ini meliputi beberapa fitur unggulan.

Mesin Pencarian

Mesin Pencarian Perplexity AI menggabungkan AI dan NLP. Ini dank memungkinkan pengguna mendapat info tepat dari internet dengan cepat.

Menyunting Pertanyaan

Fitur Penyuntingan Pertanyaan memungkinkan modifikasi pertanyaan secara langsung. Ini memberi kemampuan ingin mencari info yang sangat spesifik.

Fokus Riset

Fokus Riset membantu pengguna menyelami banyak topik dari berbagai situs. Dengan bantuan model bahasa LLM, riset bisa jadi lebih efisien.

Threads

Threads memudahkan kelompokkan hasil pencarian berdasarkan topik. Hal ini memfasilitasi diskusi lebih terstruktur dengan tautan unik. Pengguna pun lebih mudah menjelajahi dan berinteraksi dengan info yang sesuai.

Kurasi Sumber

Perplexity AI menunjukkan sumber info dalam hasil pencariannya. Ini bermanfaat bagi pengguna yang ingin memeriksa kebenaran info dengan mudah. Fitur ini menawarkan kejelasan dan memastikan pengguna membaca info yang terpercaya.

Chrome Extension

Perplexity Chrome Extension

Ekstensi Chrome Perplexity AI dirancang untuk memudahkan Anda dalam mengakses dan menggunakan Perplexity AI langsung dari browser Chrome Anda.

Baca Juga  AI Image Generator: 10 Generator Gambar Berbasis AI Terbaik

Berikut beberapa fitur utama dari ekstensi ini:

  • Akses cepat ke Perplexity AI: Anda dapat mengakses Perplexity AI langsung dari bilah alamat browser, tanpa perlu membuka tab baru.
  • Integrasi dengan pencarian web: Anda dapat menggunakan Perplexity AI untuk mendapatkan jawaban yang lebih lengkap dan terperinci atas pertanyaan Anda, tanpa harus meninggalkan halaman web yang Anda kunjungi.
  • Antarmuka yang mudah digunakan: Ekstensi ini memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan mudah dipahami, sehingga Anda dapat mulai menggunakannya dengan mudah.

Secara singkat, ekstensi Chrome Perplexity AI dirancang untuk membantu Anda menemukan informasi yang Anda butuhkan dengan cepat dan mudah.

Keunggulan utama AI Perplexity dibandingan ChatGPT

Membahas Perplexity AI versus ChatGPT sangat menarik, terutama jika kita suka ilmu artificial intelligence dan machine learning. Perplexity AI menonjol dibandingkan dengan ChatGPT, ada banyak poin menarik dibahas.

Terhubung dengan Internet

Salah satu keunggulan utama Perplexity AI adalah koneksinya dengan internet. Ini bahkan bisa dilakukan di versi gratisnya, yang tidak dimiliki ChatGPT.

Basis Data Up-to-Date

Perplexity AI selalu update dengan basis data terbaru hingga akhir 2022. Sebaliknya, ChatGPT hanya sampai dengan data 2021. Dengan demikian, Perplexity AI memberikan jawaban yang lebih sesuai dan terkini.

Ketersediaan

Secara fungsi, Perplexity AI mungkin lebih unggul, tapi masih kurang tersedia dibandingkan ChatGPT. Meski begitu, pengembang yakin platform ini akan segera hadir di banyak tempat. Ini termasuk App Store dan situs resmi, memberikan lebih banyak pilihan untuk pengguna teknologi AI.

Kecepatan

Dalam hal kecepatan, Perplexity AI unggul karena memakai model GPT-3,5. Model ini lebih cepat dari GPT-4 yang digunakan ChatGPT, karena memiliki kapasitas data lebih ringan. Sehingga, Perplexity AI cocok dipilih jika butuh jawaban cepat dan tepat.

Perbedaan Antara Perplexity AI dan ChatGPT

Perplexity vs Chat GPT

Perbedaan Utama:

  • Model Bahasa: Perplexity AI sekarang menggunakan GPT-4, sama seperti ChatGPT. Ini menunjukkan evolusi Perplexity AI yang sekarang memiliki akses ke model bahasa tercanggih.
  • Integrasi Pencarian: Perplexity AI masih memiliki integrasi kuat dengan Google Search, memberikan akses ke informasi terkini dan sumber yang diverifikasi.
  • Harga: Keduanya memiliki versi gratis dan berbayar, dengan fitur dan akses yang berbeda. Perplexity AI dan ChatGPT terus mengembangkan model pembayaran mereka untuk memberikan opsi yang lebih fleksibel.

Keunggulan Perplexity AI:

  • Informasi terkini: Integrasi dengan Google Search memberi Perplexity AI keunggulan dalam memberikan informasi terbaru.
  • Sumber Tepercaya: Perplexity AI secara aktif mengklarifikasi sumber informasi untuk meningkatkan transparansi dan kredibilitas.
  • Antarmuka Ramah Pengguna: Perplexity AI memiliki antarmuka sederhana dan mudah dinavigasi.

Keunggulan ChatGPT:

  • Kemampuan Multibahasa: ChatGPT tersedia dalam berbagai bahasa, memperluas jangkauannya secara global.
  • Fleksibilitas dalam Berinteraksi: ChatGPT menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam dialog dan respon yang kreatif.
  • Fitur Tambahan: ChatGPT memiliki fitur tambahan, seperti kemampuan untuk menghasilkan kode, menerjemahkan bahasa, dan menulis berbagai jenis konten.

Kesimpulan:

Perplexity AI dan ChatGPT terus berkembang, masing-masing menawarkan keunggulan yang unik.

Perplexity AI cocok untuk:

  • Pengguna yang membutuhkan informasi terkini dan diverifikasi.
  • Pengguna yang menginginkan antarmuka sederhana dan mudah digunakan.

ChatGPT cocok untuk:

  • Pengguna yang membutuhkan kemampuan multibahasa dan fleksibilitas dalam berinteraksi.
  • Pengguna yang membutuhkan fitur tambahan seperti penulisan konten dan penerjemahan.

Pilihan terbaik untuk Anda bergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda.

Catatan: Informasi ini berdasarkan perkembangan terbaru di awal tahun 2024. Kedua platform terus berkembang, dan perbandingan ini mungkin berubah di masa depan.

Manfaat Penggunaan Perplexity AI

Perplexity AI memperbaiki cara mencari online. Alat ini menggunakan kecerdasan buatan untuk hasil pencarian yang lebih akurat. Dengan ini, pengalaman browsing jadi lebih baik.

Keunggulan utamanya adalah dalam menyediakan informasi yang benar dan detail. Ini berkat teknologi NLP dari chatbot.

Optimalisasi Fungsi Search Engine

Perplexity AI menghasilkan info yang lebih berguna. Dibanding mesin pencari biasa, ketepatannya jauh lebih tinggi.

Ini sangat membantu di era machine learning. Pengguna bisa mendapatkan fakta yang mesti diketahui tanpa menunggu lama.

Penyajian Informasi Tepat dan Akurat

Teknologi NLP membantu Perplexity AI memberikan jawaban lengkap. Ini menjadikan hasil pencarian bisa dipercaya sepenuhnya. Sangat berguna untuk berbagai riset terkait AI.

Sumber yang Kredibel

Perplexity AI memastikan sumber informasi valid. Semuanya telah dikurasi untuk kebenaran dan kredibilitas.

Dengan ini, kualitas info yang didapat pengguna terjaga. Mereka lebih yakin dengan data yang mereka temukan.

Fitur Pertanyaan Terkait

Perplexity AI menyajikan fitur pertanyaan yang relevan. Ini bantu pengguna dalam riset dan eksplorasi topik tertentu.

Alat ini sangat bermanfaat, terutama di bidang machine learning.

Baca Juga  20 Tools Gratis untuk Membuat Gambar AI yang Mengagumkan!

Bagaimana Cara Menggunakan Perplexity AI?

Sign Up Preplexity AI

Perplexity AI mengajarkan pengguna langkah-langkah sederhana untuk memakai fitur unggulnya. Ini dia panduan cepat untuk mengoperasikan Perplexity AI:

Mengunduh Aplikasi/Mengakses Website

  • Playstore Download:
  • Appstore Download:

Untuk memulai menggunakan Perplexity AI, Anda bisa melakukan dua hal:

  1. Unduh aplikasi: Cari “Perplexity AI” di Play Store (Android) atau App Store (iOS) dan instal aplikasi di perangkat Anda.
  2. Kunjungi situs web: Buka situs web resmi Perplexity AI di browser Anda.

Dengan kedua cara ini, Anda dapat langsung mulai menjelajahi kemampuan Perplexity AI dan merasakan teknologi canggihnya

Verifikasi

Setelah instal atau membuka situs, langkah berikutnya adalah verifikasi. Proses ini memastikan bahwa hanya orang yang seharusnya bisa masuk ke Perplexity AI.

Membuat Akun

Penting untuk daftar agar bisa nikmati fitur tambahan. Prosesnya meningkatkan keamanan dan membiarkan pengguna ikut serta dalam diskusi online. Daftar juga mempermudah pengguna untuk menyelidiki topik yang menarik di web dan mengikuti thread-thread.

Texting dengan Chatbot AI

Chatbot Perplexity

Setelah daftar, saatnya berhubungan dengan Chatbot AI. Pengguna bisa rubah pertanyaan agar lebih terperinci dan nikmati fungsi-fungsi keren seperti edit pertanyaan dan thread seperti di media sosial. Berkat pemrosesan bahasa alami dan pembelajaran mesin, Perplexity AI siap menolong dengan jawaban-jawaban penuh akurasi dan relevansi.

Perplexity AI dalam Konteks Indonesia

Perplexity AI membantu dalam pencarian informasi dan analisis data di Indonesia. Menggunakan NLP dan machine learning, memberikan jawaban komprehensif dan mudah dipahami. Penggunaan AI semakin luas dari pendidikan hingga bisnis. Ekstensi Chrome membuat Perplexity AI mudah diakses di PC. Ada juga aplikasi untuk Android dan iPhone. Aplikasi ini menawarkan banyak sumber informasi, memastikan keakuratan jawaban.

Platform investasi kripto, Pluang dan PINTU, sudah memanfaatkan Perplexity AI. Ini menunjukkan peran AI di sektor investasi di Indonesia. Perplexity AI membantu analisis sentimen pelanggan dan personalisasi pengalaman pengguna. Algoritma NLP dari Perplexity AI membantu pengguna mendapatkan jawaban yang tepat. Kendati begitu, pertanyaan yang terlalu kompleks bisa butuh waktu lama untuk dijawab. Pengalaman ini membantu aplikasi belajar dan jadi lebih akurat dari waktu ke waktu. Pluang dan PINTU menunjukkan aplikabilitas Perplexity AI di investasi kripto. Ini menegaskan relevansi AI di tingkat lokal.

Fitur Perplexity AI Perplexity AI di Indonesia
Akses Ekstensi Chrome, Aplikasi Mobile Ekstensi Chrome, Aplikasi Mobile
Penggunaan Mencari Informasi, Analisis Data Investasi Kripto, Analisis Sentimen

Harga Berlangganan Perplexity AI

Perplexity Pro

Perplexity AI menawarkan beberapa pilihan harga untuk versi Pro mereka, dengan fitur tambahan dan akses yang lebih luas:

  • Per Bulan: $20 per bulan
  • Per Tahun: $200 per tahun (40 dibandingkan dengan membeli bulanan)

Apa yang didapat dengan versi Pro?

  • Kredit API bulanan: Anda mendapat kredit API bulanan senilai $5, yang dapat digunakan untuk mengakses dan menggunakan Perplexity AI melalui API mereka. Ini sangat berguna bagi pengembang dan bisnis yang ingin mengintegrasikan Perplexity AI ke dalam produk atau layanan mereka.
  • Fitur tambahan: Versi Pro biasanya memiliki fitur tambahan yang tidak tersedia di versi gratis, seperti kemampuan untuk menyesuaikan model atau menggunakan fitur-fitur tingkat lanjut lainnya.

Apakah versi Pro layak dibeli?

Ini tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda hanya menggunakan Perplexity AI untuk keperluan pribadi dan tidak membutuhkan akses API atau fitur tambahan, versi gratis mungkin sudah cukup. Namun, jika Anda seorang pengembang, bisnis, atau pengguna yang membutuhkan fitur lebih lanjut, versi Pro mungkin akan memberikan nilai tambah.

Tip:

  • Anda dapat mencoba versi Pro dengan masa uji coba gratis untuk melihat apakah itu cocok untuk Anda.
  • Pastikan untuk membandingkan harga dan fitur versi Pro dengan pesaing seperti ChatGPT untuk menemukan opsi terbaik untuk Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Kesimpulan

Perplexity AI adalah mesin pencari yang canggih dan pintar, yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan jawaban cepat dan akurat. Ia mirip dengan ChatGPT, tetapi Perplexity AI lebih unggul dalam mengakses informasi terbaru dan memberikan jawaban lebih cepat. Fitur-fiturnya yang menarik termasuk:

  • Mesin pencari bergaya chatbot: Tanya saja seperti Anda berbicara dengan teman, Perplexity AI akan mengerti dan memberikan jawaban yang mudah dipahami.
  • Penyuntingan pertanyaan: Jika pertanyaan Anda kurang jelas, Perplexity AI akan membantu memperbaiki agar jawabannya lebih akurat.
  • Threads untuk mengelompokkan informasi: Perplexity AI akan mengatur jawaban Anda menjadi bagian-bagian yang mudah dibaca dan dipahami.

Meskipun versi gratisnya mungkin tidak selalu akurat, Perplexity AI tetap alat yang luar biasa untuk mendapatkan informasi terbaru dengan mudah dan cepat. Ia sangat berguna untuk meningkatkan kegiatan pengguna dengan memberikan informasi yang akurat dan relevan.

Shares:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *