Apakah kamu salah satu pengguna iPhone yang bangga dengan produk Apple? Atau kamu baru saja membeli iPhone bekas dari teman atau online shop? Jika iya, ada satu hal yang penting untuk kamu ketahui, yaitu cek garansi iPhone kamu.

Mengapa garansi iPhone itu penting? Karena dengan mengetahui garansi iPhone, kamu bisa mendapatkan layanan perbaikan atau penggantian jika terjadi kerusakan pada perangkat iphone kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui apakah iPhone kamu asli atau palsu, resmi atau tidak, dan masih berlaku atau sudah kadaluarsa.

Nah, bagaimana cara cek garansi iPhone yang mudah dan cepat? Tenang, kami akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek garansi iPhone yang kamu gunakan. Simak baik-baik ya, jangan sampai ketinggalan!.

Cara Cek Garansi iPhone yang Mudah dan Cepat

1.Cara Cek Garansi iPhone Lewat Menu Pengaturan Perangkat

cek garansi iphone dari perangkat

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk cek garansi iPhone adalah lewat menu pengaturan perangkat. Ini adalah cara yang paling simpel dan praktis, karena kamu tidak perlu mengunduh aplikasi atau mengunjungi situs web tertentu. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Pengaturan Perangkat di iPhone kamu.
  • Pilih menu Umum atau General.
  • Pilih menu Mengenai atau About.
  • Ketuk tanda menu Garansi Terbatas atau Limited Warranty.

Setelah itu, layar iPhone kamu akan menampilkan informasi tentang masa berlaku garansi iPhone kamu. Jika garansi iPhone kamu masih berlaku, kamu akan melihat tanggal kedaluwarsa garansi. Jika garansi iPhone kamu sudah habis, kamu akan melihat tulisan “Expired” atau “Kadaluarsa”.

2.Cara Cek Garansi iPhone Lewat Situs Web Apple

cek garansi iphone dari perangkat

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk cek garansi iPhone adalah lewat situs web Apple. Ini adalah cara yang lebih lengkap dan detail, karena kamu bisa melihat jenis garansi, cakupan layanan, dan status dukungan teknis iPhone kamu. Kamu juga bisa mengetahui apakah iPhone kamu pernah diservis atau diganti sebelumnya. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka situs Web Check Your Service and Support Coverage atau Cek Cakupan Layanan dan Dukungan Kamu.
  • Masukkan nomor seri iPhone kamu. Kamu bisa menemukan nomor seri iPhone kamu di menu Pengaturan > Umum > Mengenai.
  • Pilih negara atau wilayah kamu.
  • Masukkan kode verifikasi yang muncul di layar.
  • Klik tombol Lanjutkan atau Continue.
Baca Juga  Begini Cara Membuat Poster Kreatif di Laptop dan Ponsel

Setelah itu, layar iPhone kamu akan menampilkan informasi tentang garansi iPhone kamu. Kamu akan melihat apakah iPhone kamu terdaftar dalam paket AppleCare atau Garansi Terbatas Apple. Kamu juga akan melihat apakah iPhone kamu memenuhi syarat untuk perbaikan perangkat keras dan dukungan teknis. Jika iPhone kamu pernah diservis atau diganti sebelumnya, kamu akan melihat riwayat komponen dan servis iPhone kamu.

Alasan Mengapa Harus Mengecek Garansi iPhone

alasan cek garansi iphone

Mungkin Kamu bertanya-tanya, mengapa harus mengecek garansi iPhone? Apa manfaatnya bagi Kamu sebagai pengguna iPhone? Nah, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Kamu harus mengecek garansi iPhone:

  • Pertama, untuk mengetahui apakah iPhone Kamu masih tercover garansi atau tidak. Jika iPhone Kamu masih tercover garansi, Kamu bisa mendapatkan layanan perbaikan atau penggantian gratis jika terjadi kerusakan pada perangkat Kamu. Jika iPhone Kamu tidak tercover garansi, Kamu harus membayar biaya perbaikan atau penggantian sendiri.
  • Alasan yang kedua, untuk mengetahui apakah iPhone Kamu asli atau palsu. Jika iPhone Kamu asli, Kamu bisa mengecek garansi iPhone Kamu di situs web Apple² dengan memasukkan nomor seri iPhone Kamu. Jika iPhone Kamu palsu, Kamu tidak bisa mengecek garansi iPhone Kamu di situs web Apple, karena nomor seri iPhone Kamu tidak terdaftar di database Apple.
  • Selanjutnya, untuk menghindari iPhone supercopy, kw, rekondisi atau refubrish. iPhone jenis ini biasanya dijual dengan harga yang lebih murah, tetapi tidak memiliki garansi dari Apple. Jika Kamu mengecek garansi iPhone Kamu, Kamu bisa membedakan antara iPhone asli dan iPhone supercopy, kw, rekondisi atau refubrish.
  • Terakhir, untuk menghindari seller nakal yang berniat menipu pembeli awam. Seller nakal adalah penjual yang menjual iPhone dengan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Jika Kamu mengecek garansi iPhone Kamu, Kamu bisa mengetahui informasi yang sebenarnya tentang iPhone yang Kamu beli, seperti tanggal pembelian, jenis garansi, dan negara asal.

Tips dan Trik Cek Garansi iPhone

Nah, itu dia dua cara yang bisa kamu lakukan untuk cek garansi iPhone. Mudah bukan? Tapi, sebelum kamu mencoba cara-cara di atas, ada beberapa tips dan trik yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  • Terhubung dengan internet, baik lewat Wi-Fi atau data seluler.
  • Mengetikkan nomor seri iPhone kamu dengan benar dan lengkap. Jangan sampai ada huruf atau angka yang tertukar atau terlewat.
  • Memilih negara atau wilayah yang sesuai dengan tempat pembelian iPhone kamu. Jika kamu membeli iPhone di luar negeri, pilih negara atau wilayah asal iPhone kamu.
  • Memeriksa garansi iPhone kamu secara berkala, terutama sebelum masa berlaku garansi habis. Jika ada masalah dengan iPhone kamu, segera hubungi Dukungan Apple atau kunjungi Apple Store atau Penyedia Servis Resmi Apple terdekat.
Baca Juga  Whatsapp Web: Cara Menggunakan Whatsapp di Komputer

Selain tips dan trik yang sudah kami sebutkan di atas, ada juga beberapa tips dan trik yang bisa membantu Kamu untuk cek garansi iPhone dengan lebih mudah dan akurat. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa Kamu coba:

  • Menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa mengecek garansi iPhone secara otomatis. Aplikasi pihak ketiga ini bisa menampilkan informasi tentang garansi, status aktivasi, tanggal pembelian, model, kapasitas, warna, dan lain-lain dengan hanya memasukkan nomor seri atau IMEI iPhone Kamu.
  • Selanjutnya, kamu bisa menggunakan situs web pihak ketiga yang bisa mengecek garansi iPhone secara online. Situs web ini bisa menampilkan informasi yang sama dengan aplikasi pihak ketiga, tetapi juga bisa mengecek apakah iPhone Kamu pernah dicuri, diblokir, atau dilaporkan hilang dengan menggunakan database global.
  • Terakhir, kamu juga bisa menggunakan kode USSD yang bisa mengecek garansi iPhone secara cepat. Ada beberapa kode USSD yang bisa Kamu ketikkan di aplikasi Telepon, seperti #06# untuk nomor IMEI, #21# untuk status panggilan masuk, atau #67# untuk nomor yang dialihkan jika iPhone tidak aktif. Kode USSD ini bisa berguna untuk mengecek apakah iPhone Kamu masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Demikian artikel yang kami buat tentang cara cek garansi iPhone. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu untuk mengetahui status garansi iPhone. Jika kamu mempunyai pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Jangan lupa juga untuk like and share artikel ini ke teman-teman kamu yang juga ingin mengetahui status garansi iPhone. Terima kasih dan selamat mencoba!

 

Shares:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *