Pernah mendengar istilah chipset? Mungkin pernah! Tapi tahu seperti apa chipset terbaik? Jika ingin tahu, maka lanjutkan membaca artikel ini hingga selesai. Chipset adalah komponen penting dalam smartphone yang berfungsi sebagai otak dari perangkat tersebut.

Dan Chipset terdiri dari beberapa elemen, seperti CPU, GPU, modem, dan lainnya, yang bekerja secara terintegrasi untuk menghasilkan performa yang optimal.

Apa Chipset Terbaik?

apa chipset terbaik

Perlu diketahui, Chipset terbaik adalah serangkaian integrated circuit (IC) yang mampu memberikan kinerja yang cepat, hemat daya, dan mendukung fitur-fitur canggih, seperti jaringan 5G, kamera berkualitas tinggi, dan kecerdasan buatan.

Selain itu, Chipset bisa dikatakan sebagai kumpulan sirkuit terpadu yang mengatur aliran data antara komponen-komponen utama dalam sistem komputer, seperti CPU, memori, kartu grafis, dan perangkat penyimpanan.

Ciri-Ciri Chipset Terbaik yang Perlu Diperhatikan

Chipset mempengaruhi kinerja, kompatibilitas, dan fitur yang tersedia pada PC. Oleh karena itu, memilih chipset terbaik adalah salah satu langkah penting dalam merakit atau membeli PC. Lalu, bagaiamana cara memilihnya, ciri ciri apa chipset terbaik yang dapat di ketahui untuk memilihnya? Berikut adalah beberapa ciri-ciri chipset terbaik yang perlu kamu ketahui:

1. Mendukung prosesor terbaru dan tercepat

Prosesor adalah otak dari PC, yang menentukan seberapa cepat PC dapat menjalankan berbagai aplikasi dan permainan. Chipset terbaik harus mendukung prosesor terbaru dan tercepat yang tersedia di pasaran, baik dari segi soket, arsitektur, frekuensi, jumlah inti, dan TDP.

Dan Chipset terbaik juga harus memiliki jalur komunikasi yang cepat dan stabil antara prosesor dan chipset, yang biasanya disebut sebagai bus.

2. Memiliki slot memori yang cukup dan berkualitas

Memori adalah tempat penyimpanan sementara data yang sedang diproses oleh prosesor. Chipset terbaik harus memiliki slot memori yang cukup dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Jumlah slot memori yang ideal adalah empat, yang memungkinkan pengguna untuk memasang dua set modul memori dual-channel untuk meningkatkan kinerja. Kualitas slot memori dapat dilihat dari jenis, kapasitas, frekuensi, dan latensi memori yang didukung oleh chipset.

Chipset terbaik harus mendukung jenis memori DDR4 atau DDR5, yang memiliki kecepatan dan kapasitas lebih tinggi daripada DDR3. Lalu, Chipset terbaik juga harus mendukung frekuensi dan latensi memori yang tinggi, yang dapat mengurangi waktu tunggu prosesor untuk mengakses data.

3. Menyediakan slot ekspansi yang banyak dan bervariasi

Slot ekspansi adalah tempat untuk memasang kartu tambahan yang menambah fungsi dan fitur PC, seperti kartu grafis, kartu suara, kartu jaringan, dan lainnya. Chipset terbaik harus menyediakan slot ekspansi yang banyak dan bervariasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Baca Juga  Apa Itu Starlink? Cara Baru Mendapatkan Internet Cepat di Mana Saja!

Slot ekspansi yang paling penting adalah slot PCI Express (PCIe), yang merupakan standar terbaru dan tercepat untuk menghubungkan perangkat-perangkat tersebut. Chipset terbaik harus memiliki setidaknya satu slot PCIe x16, yang dapat digunakan untuk memasang kartu grafis kelas atas.

Dan Chipset terbaik juga harus memiliki slot PCIe lain dengan ukuran dan kecepatan yang berbeda, seperti PCIe x8, PCIe x4, PCIe x1, dan lainnya, yang dapat digunakan untuk memasang perangkat lain sesuai kebutuhan.

4. Menawarkan port dan konektor yang lengkap dan modern

Port dan konektor adalah tempat untuk menghubungkan PC dengan perangkat eksternal, seperti monitor, keyboard, mouse, printer, scanner, kamera, dan lainnya. Chipset terbaik harus menawarkan port dan konektor yang lengkap dan modern untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Port dan konektor yang paling penting adalah port USB, yang merupakan standar universal untuk menghubungkan berbagai perangkat. Chipset terbaik harus memiliki port USB 3.0 atau USB 3.1, yang memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi daripada USB 2.0.

Kemudian, Chipset terbaik juga harus memiliki port USB Type-C, yang merupakan versi terbaru dan tercanggih dari USB, yang memiliki bentuk yang simetris, dapat mengirim dan menerima data dan daya secara bersamaan, dan mendukung berbagai protokol lain, seperti Thunderbolt 3, DisplayPort, HDMI, dan lainnya.

Selain port USB, chipset terbaik juga harus memiliki port dan konektor lain yang lengkap dan modern, seperti port SATA, port M.2, port U.2, port HDMI, port DisplayPort, port Ethernet, port audio, dan lainnya.

5. Memiliki fitur keamanan, manajemen, dan optimasi yang canggih

Fitur keamanan, manajemen, dan optimasi adalah fitur tambahan yang ditawarkan oleh chipset untuk meningkatkan perlindungan, pengaturan, dan kinerja PC. Chipset terbaik harus memiliki fitur keamanan, manajemen, dan optimasi yang canggih untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Fitur keamanan yang penting adalah fitur enkripsi, yang dapat melindungi data pengguna dari pencurian atau peretasan. Dan Chipset terbaik harus mendukung enkripsi hardware, yang merupakan metode enkripsi yang lebih cepat dan lebih aman daripada enkripsi software.

Fitur manajemen yang penting adalah fitur overclocking, yang dapat meningkatkan kecepatan prosesor, memori, dan kartu grafis dengan mengubah frekuensi dan voltase mereka. Chipset terbaik harus mendukung overclocking, yang dapat memberikan kinerja yang lebih tinggi kepada pengguna yang ingin memaksimalkan potensi PC mereka.

Kemudian, fitur optimasi yang penting adalah fitur pendinginan, yang dapat menjaga suhu PC tetap rendah dan stabil dengan mengatur kecepatan kipas, pompa, dan radiator. Chipset terbaik harus mendukung pendinginan cair, yang merupakan metode pendinginan yang lebih efektif dan efisien daripada pendinginan udara.

Baca Juga  HP Terbaru 2024: Samsung, Oppo, Vivo, dan Harga

Urutan Chipset Terbaik

Ada banyak produsen chipset yang bersaing di pasar smartphone, seperti Qualcomm, MediaTek, Apple, Samsung, Huawei, dan lain-lain. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri.

Untuk mengetahui urutan chipset terbaik mana yang bisa kamu gunakan adalah dengan melihat skor benchmark yang diberikan oleh aplikasi seperti AnTuTu. AnTuTu adalah aplikasi yang menguji kinerja CPU, GPU, RAM, dan penyimpanan dari sebuah smartphone, dan memberikan skor berdasarkan hasilnya. Berikut ini adalah urutan chipset terbaik, yang perlu kamu ketahui:

1. Apple A17 Pro

a17 pro chipset

Chipset ini adalah chipset terbaru dari Apple yang digunakan di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Chipset ini dibuat dengan fabrikasi 3 nm, yang membuatnya lebih hemat daya dan efisien.

Dan Chipset ini memiliki enam inti CPU, dengan dua inti performa berkecepatan 3,7 GHz dan empat inti efisiensi berkecepatan 2,2 GHz. Selain itu, chipset ini juga memiliki enam core GPU dengan kecepatan 0,7 GHz, yang mampu mengolah grafis dengan kualitas tinggi, termasuk ray tracing, dan juga mendukung konektivitas 5G melalui modem Snapdragon X55 5G. Skor AnTuTu Benchmark dari chipset ini adalah 936.570.

2. MediaTek Dimensity 9200 Plus

MediaTek Dimensity 9200 Plus

MediaTek Dimensity 9200 Plus  merupakan Chipset flagship dari MediaTek yang juga mendukung konektivitas 5G. Chipset ini dibuat dengan fabrikasi 4 nm, yang juga hemat daya dan efisien.

Selain itu, Chipset ini memiliki delapan inti CPU, dengan empat inti Cortex-A78 berkecepatan 3 GHz dan empat inti Cortex-A55 berkecepatan 2 GHz. Chipset ini juga memiliki sembilan core GPU Mali-G79, yang mampu menghasilkan grafis yang halus dan detail.

Lalu, Chipset ini juga memiliki fitur AI yang canggih, seperti pengenalan wajah, pengoptimalan kamera, dan lain-lain. Skor AnTuTu Benchmark dari chipset ini adalah 1.355.000.

3. Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2

Terakhir, Chipset ini adalah chipset generasi kedua dari seri Snapdragon 8 yang juga mendukung konektivitas 5G. Chipset ini dibuat dengan fabrikasi 4 nm, yang juga hemat daya dan efisien. Lalu, Chipset ini memiliki delapan inti CPU, dengan empat inti Cortex-X2 berkecepatan 2,9 GHz dan empat inti Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz.

Dan Chipset ini juga memiliki delapan core GPU Adreno 730, yang mampu menghadirkan pengalaman gaming yang mulus dan realistis. Chipset ini juga memiliki fitur AI yang kuat, seperti pengolahan suara, pengoptimalan kamera, dan lain-lain. Skor AnTuTu Benchmark dari chipset ini adalah 1.250.000.

Dan itulah penjelasan tentang urutan dan ciri-ciri chipset terbaik. Semoga bermanfaat, sampai jumpa pada artikel berikutnya!

Shares:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *