Kebutuhan internet membuat kamu harus tahu melakukan cek speedtest internet sendiri. Semua keperluan saat sedang bekerja, streaming TV, atau menggunakan alat hingga sistem yang membutuhkan koneksi, kecepatan dan keandalan Internet sangat dibutuhkan.

Sayangnya, koneksi dan kecepatannya susah untuk diandalkan kestabilannya, karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi kerjanya. Provider Wifi atau data internet menjanjikan kecepatan sekian, itu belum tentu sesuai ketika bekerja di ponsel.

 

Bahkan paling maksimal, kecepatan hanya mendekati penawarannya. Kamu mungkin pernah di tengah melakukan kesibukan di internet, mengalami koneksi hilang atau melambat. Jika ini terjadi, solusinya bisa dengan me-restart router atau ponsel.

Langkah lain yang harus kamu lakukan adalah melakukan tes speedtest internet, dari hasilnya ini akan terlihat seberapa kecepatannya, sehingga bisa memutuskan ganti provider saja ketika penyedia benar-benar tidak layak layanannya.

Melakukan Cek Koneksi Internet dengan Benar

Mudah untuk melakukan tek kecepatan internet, baik itu jaringan Wifi maupun untuk paket internet biasa di ponsel. Kamu bahkan hanya melakukan pencarian di internet, sejumlah situs dengan mudah mengerjakannya dan menunjukkan hasil dengan cepat.

Banyak juga layanan bagus untuk kamu gunakan secara online menguji kecepatan koneksi, kamu sebaiknya menggunakan layanan yang cepat, gratis, dan sangat akurat supaya dapat melacak dan menentukan kemungkinan penyebab koneksi lambat.

 

Cara menjalankan tes ini cukup sederhana, karena tidak perlu ada keahlian teknologi atau jaringan melakukannya. Namun ada beberapa hal yang menentukan keakuratan pengecekan kamu, dan itu sebaiknya dihindari.

Sebelum mulai menjalankan Indihome speedtest, atau tergantung provider kamu, pastikan untuk menutup jendela dan aplikasi yang sedang berjalan di ponsel sebanyak mungkin. Pemeriksaan ini harus menggunakan bandwidth sesedikit mungkin.

Baca Juga  Cara Edit Twibbon di PicsArt dengan Mudah Diaplikasikan

 

Tujuannya supaya pembacaan koneksi lebih akurat, kemudian dapat memperkirakan lagi apa kira-kira penyebab kenapa melambat. Jika sudah siap menjalankan tes, kamu tinggal melakukan seperti biasa di situs gratis.

 

Tes Koneksi Internet Online

Tidak lama dan sangat mudah memang untuk menguji kecepatan koneksi internet kamu. Sebagian besar tes kecepatan hanya membutuhkan pengguna menekan atau klik perintah mulai dan menunggu beberapa saat sebelum hasilnya keluar.

 

Ada banyak web untuk kamu kunjungi jika ingin tes secara online, dan itu tersedia gratis. Beberapa provider menyediakan uji, speedtest CBN salah satunya, dengan hasil cukup akurat. Tanpa perlu mengunduh aplikasi, beberapa situs teratas berikut dapat kamu akses.

 

  1. Fast.com, kamu tinggal masuk ke https://fast.com/id/ dan pengujian akan langsung dijalankan dalam waktu singkat menunjukkan speed internet otomatis.
FAST Speed Test
Price: Free
  1. Speedtest.net, kunjungi laman https://www.speedtest.net/ tetapi bisa juga dengan mengunduh aplikasi di gadget kamu. Klik Go untuk memulai pembacaan speedtest Biznet atau provider apapun yang dipakai.
Speedtest oleh Ookla
Price: Free
  1. Meteor Speed Test, anda hanya perlu menginstall aplikasi  lalu memilih start, kamu hanya perlu menunggu beberapa waktu untuk mendapatkan hasil pengujian koneksi intern
  1. Opensignal.com, dengan masuk ke laman https://www.opensignal.com/ dan menekan Start. Hasil uji kecepatan internet di situs ini hanya berlangsung sekitar 30 detik, pembacaan yang tersedia mencakup PING hingga kecepatan download dan upload.
Baca Juga  Cara Membuat Akun Google Baru dengan Mudah dan Cepat
  1. Speed Smart, akses melalui alamat https://speedsmart.net/ dan uji kecepatan dimulai dengan perintah Start Speedtest. Setelah menunggu kurang lebih 40 detik, kamu akan melihat pembacaan PING, kecepatan download, upload, dan beberapa hasil lain.

Setelah melihat hasil speedtest Indihome atau provider di rumah kamu, kecepatan yang berada dalam kisaran sesuai klaim provider tetapi koneksi lambat menandakan ada beberapa potensi masalah, seperti router, Wi-Fi atau ponsel memang sedang sedang bermasalah.

 

Kamu untuk mengetahui lebih akurat kecepatan internet, perlu melakukannya berkali-kali pada waktu yang berbeda. Koneksi siang ke malam hari akan mengalami perubahan, karena beberapa provider dipengaruhi pengguna sehingga bisa melambat.

 

Intinya dengan menjalankan tes kecepatan koneksi internet pada situs pilihan kamu, ada bentuk pencegahan atau lebih mudah menemukan solusi akan masalah tersebut. Luangkan waktu memeriksa koneksi kamu di CBN speedtest atau situs lain agar tahu lebih pasti.

Shares:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *